Media Online Seroja indonesia.com berita terkini di Indonesia, menyajikan beragam informasi dari berbagai sektor kehidupan yang disajikan secara sederhana dan mudah dipahami untuk membuka wawasan secara luas.

LSM Seroja Soroti Dugaan (Pungli) Pungutan Liar Di  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Tangerang

  • Bagikan

Seroja Indonesia Com ||

Tangerang, –Sebuah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Tangerang diduga telah melakukan pungutan Liar (pungli) terhadap Salah seorang siswa Pindahan.

Dalam praktiknya, Oknum guru tersebut meminta sejumlah uang untuk membayar Sumbangan Pembinaan Pembangunan (SPP), Pembelian Seragam dll.

Berdasarkan penelusuran tim Jurnal Tipikor, informasi diperoleh dari salah seorang orang tua murid yang namanya kami rahasiakan mengatakan, sekolah masih menuntut untuk bayar SPP sebesar Rp 125.000/perbulan, uang pembelian seragam sekolah, dan lain-lainnya yang jumlahnya dikisaran jutaan rupiah, tuturnya kepada Jurnal TIPIKOR, Senin (31/7/2023).

Penutupan MTQ ke XIV Tingkat Kecamatan Renah Mendaluh oleh Camat

Lanjutnya, Anak kami pindahan dari Lampung baru naik ke kelas 3, rencananya pindah ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Solear, tapi setelah kami mendatangi pihak sekolah kami dimintai Uang senilai Rp. 5.500.000 oleh salah seorang oknum guru, dalam hati bertanya-tanya “ternyata mahal juga”, daripada anak saya terlantar sekolahnya, akhirnya kami bayar Rp 4.500.000 sedangkan sisanya Rp 1.500.000 harus lunas bulan di bulan September 2023, ujarnya.

Tim Jurnal Tipikor mendapatkan bukti dugaan pungli dalam bentuk catatan di selembar kertas dengan nominal Rp 5.500.000
dengan rincian :

1. Rp 1.200.000 untuk perpisahan

2. Rp 2.000.000 untuk biaya study banding campus selama 4 bulan

3. Rp 800.000 untuk bayar dana bos

4. Rp 1.000.000 seragam 1 stel seragam olah raga, batik atasan, baju muslim atasan tanpa bawahan, Ujar nya.

Berdasarkan informasi tersebut, Tim Jurnal Tipikor mendatangi ke MAN 5 Solear untuk mengkonfirmasi informasi tersebut.

Tim Jurnal Tipikor diterima oleh Rahmat selaku humas sekolah, berdasarkan keterangan diperoleh bahwa di MAN 5 Solear terkait kewajiban siswa hanya meliputi membayar Uang seragam sebesar Rp 950.000 serta SPP sebesar Rp 125.000 dan kebijakan tersebut melalui rapat komite dengan orang tua siswa, adapun ada kewajiban lain kami tidak tahu pungkasnya.

BACA JUGA  Pemdes Kaliasin Kecamatan Sukamulya Gelar Musdes Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2024

Dilansir di website Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan melarang madrasah negeri untuk memungut biaya pendaftaran bagi siswa baru. Larangan itu diberikan karena biaya pendaftaran sudah ada dalam komponen BOS sebagaimana diatur dalam Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Di PPDB kita, pada saat madrasah melaksanakan pendaftaran siswa baru dilarang menarik dana dalam bentuk apapun karena di BOS ada komponen pembiayaan untuk itu,” tegas M. Nur Kholis Setiawan saat dimintai tanggapannya tentang madrasah negeri yang memungut biaya formulir pendaftaran bagi calm peserta didik baru. red/

53
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: