Media Online Seroja indonesia.com berita terkini di Indonesia, menyajikan beragam informasi dari berbagai sektor kehidupan yang disajikan secara sederhana dan mudah dipahami untuk membuka wawasan secara luas.

Cooling System Jelang Pemilu 2024, Hotma Manurung; Untuk Meminimalisir Isu Provokatif SARA

  • Bagikan

Media Seroja Indonesia.Com, KABUPATEN TANGERANG | Polri kembali mengaktifkan Operasi Nusantara Cooling System (NCS) menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Kapolsek Panongan Iptu Hotma Manurung STrK.S.IK mengatakan operasi tersebut resmi diaktifkan sejak 11 September 2023 didasari surat perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 25 Agustus 2023.

“Operasi tersebut bertujuan untuk meminimalisir isu-isu provokatif berlatar belakang SARA, baik yang terjadi di tengah masyarakat maupun di ruang siber, dengan mengutamakan preemtif dan preventif,” ujarnya pada Selasa (26/22).

Hotma mengatakan operasi ini bertujuan untuk mengantisipasi perpecahan dan konflik di masyarakat akibat perbedaan dukungan dalam Pemilu 2024.

Kepolisian tidak akan melakukan tindakan penegakan hukum, melainkan mengedepankan upaya dialog dan komunikasi dalam menjalankan Operasi Nusantara Cooling System (NCS).

“Dalam operasi ini kami sampaikan bahwa tidak ada melakukan upaya penegakan hukum, jadi preemtif dan preventif,yang nantinya, operasi tersebut akan terbagi menjadi beberapa bagian tugas,”tutur nya.

“Cara bertindak yaitu melakukan deteksi pembinaan masyarakat, patroli ideologis, patroli siber, sosialisasi dan bantuan operasi,” kata Hotma

Satgas Preemtif, kata Hotma terdiri dari Subsatgas intelijen dan Subsatgas Binmas. Kedua Subsatgas itu bertugas melakukan deteksi dini gangguan dan membangun mitra dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kemudian Satgas Preventif terdiri dari Subsatgas Patroli Siber dan Subsatgas Ideologis. Satgas ini bertugas melakukan patroli siber serta melaksanakan dialog kepada intelijen hingga influencer guna menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Satgas Humas yang terdiri dari sub Satgas Penmas dan sub Satgas Multimedia yang memiliki tugas antara lain menyampaikan ajakan, imbauan, sosialisasi dan edukasi serta melakukan monitoring media baik media sosial maupun media mainstream.

“Dan terakhir Satgas Banops yang terdiri dari sub Satgas TIK dan sub Satgas logistik yang memiliki tugas antara lain melakukan dukungan teknologi, informasi dan logistik kepada Operasi Nusantara Cooling System,” Tandas Hotma
(Red)

BACA JUGA  Sejumlah Proyek Kegiatan PL Kecamatan Balaraja di Duga Banyak Laporannya ABS
41
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: