Media Online Seroja indonesia.com berita terkini di Indonesia, menyajikan beragam informasi dari berbagai sektor kehidupan yang disajikan secara sederhana dan mudah dipahami untuk membuka wawasan secara luas.

Pabrik Pengolahan Limbah Plastik di Suka Bakti Curug Diduga Tak Kantongi Izin

  • Bagikan

Media Seroja Indonesia Com |

Tangerang – Ada berbagai macam kelengkapan dokumen Izin Usaha yang harus dipenuhi ketika ingin mendirikan sebuah usaha, baik itu dalam bentuk UD, CV, Firma, atau PT, yang dalam hal ini digunakan untuk legalitasnya.

Banyak perusahaan yang telah memenuhi surat izin usahanya, namun tak jarang dokumen yang mereka miliki tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya, bahkan diantaranya tidak berizin sama sekali alias bodong.

Seperti pabrik pengolahan limbah plastik yang berada di Kelurahan Sukabakti, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang yang diduga hanya sebatas memiliki izin Usaha Dagang (UD). Padahal pabrik ini jelas-jelas bergerak dalam bidang industrial.

Tak hanya itu, selain dugaan izin yang tidak sesuai peruntukannya, pabrik dengan nama UD. Rusli ini juga terindikasi tidak mempunyai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang memadai, sehingga limbah cair hasil produksi yang mereka alirkan merusak ekosistem alam dan mencemari lingkungan hidup. Senin, 22/01/2023.

Saat dikonfirmasi, keamanan pabrik yang berinisial CD mengatakan, bahwa jika ingin bertanya terkait izin, dirinya menyarankan untuk menghubungi seseorang yang bernama Endang.

“Managernya Endang, kalau mau konfirmasi silahkan ke Endang saja, dia bosnya,” ucapnya sembari sembari menyodorkan nomor kontak Endang.

Sementara, Endang saat dihubungi Wartawan, dia enggan merespon, bahkan terkesan mengabaikan.

Oleh karena itu, Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Seroja Indonesia Taslim Wirawan mempertanyakan izin yang tidak sesuai dengan peruntukannya tersebut.

“Jika memang indikasi ini terbukti benar adanya, maka kuat dugaan bahwa ada oknum-oknum dinas perizinan yang telah menerima gratifikasi dari pemilik pabrik, apabila ada oknum pejabat yang ikut terlibat, saya meminta kepada pihak yang berwenang untuk segera menindak lanjutinya,” ujar Taslim kepada Wartawan.

BACA JUGA  Taslim Wirawan,SH Ketua Umum LSM Seroja Indonesia Hadir Dalam Audensi Ke PJ Bupati Kabupaten Tangerang,

Lebih rinci, Taslim menyampaikan bahwa bagaimana mungkin pabrik yang jelas-jelas produksi pengolahan limbah plastik dan memiliki karyawan banyak, namun izinnya hanya sebatas Usaha Dagang.

“Kami meminta kepada Instansi-Instansi terkait segera kroscek perizinan yang dimiliki pabrik ini, jika izinnya tidak sesuai dengan peruntukannya, tolong segera ditindak ” tegasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, Instansi terkait belum dikonfirmasi.

(Red Lia)

50
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: