Media Online Seroja indonesia.com berita terkini di Indonesia, menyajikan beragam informasi dari berbagai sektor kehidupan yang disajikan secara sederhana dan mudah dipahami untuk membuka wawasan secara luas.

Ketua Umum LSM Seroja Indonesia Resmi Laporkan Caleg Mony Politik

  • Bagikan

Media Seroja Indonesia.Com, KABUPATEN TANGERANG | Ketua umum (ketum) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Seroja Indonesia hari ini resmi melaporkan adanya dugaan Money politik yang dilakukan oleh salah satu Caleg Dapil 1 dari partai Gelora dengan nomor urut 1 berinisial WYM ke Bawaslu Kabupaten Tangerang dengan tembusan KPU dan Polda Banten Bidang Gakumdu.

Taslim Wirawan, Ketua Umum LSM Seroja Indonesia mengatakan, laporan itu iya lakukan sesuai tupoksinya sebagai kontrol sosial, ia menginginkan proses demokrasi di Indonesia bisa berjalan dengan baik dan tidak memberikan contoh yang negatif terhadap masyarakat.

Ia menyebut, politik uang akan berdampak buruk bagi pemilu dan penguatan demokrasi di Indonesia. Selain pembodohan terhadap pemilih, persaingan antar kandidat atau peserta (parpol) akan menjadi lebih timpang. Partai politik yang memiliki banyak uang berpotensi lebih besar memenangkan pemilu.

“Ini semua kami lakukan sesuai tupoksi kami sebagai kontrol sosial, kami menginginkan proses demokrasi yang jujur dan adil,” ujar Taslim wirawan pada awak media, Senin (26/2/2024).

Taslim juga mengatakan bahwa surat yang pihaknya layangkan tersebut agar bisa segera di proses oleh pihak Bawaslu Kabupaten Tangerang untuk ditindak sesuai peraturan dan hukum yang berlaku.

Karena kata Taslim, tindak pidana politik uang telah diatur dalam Pasal 523 ayat (1) sampai dengan ayat (3) UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang dibagi dalam 3 kategori yakni pada saat kampanye, masa tenang dan saat pemungutan suara.

“Saya berharap Bawaslu segera memanggil oknum caleg tersebut, kalau perlu coret dari kontestan karena telah mencederai demokrasi,” pungkasnya.

(Red)

38
BACA JUGA  Cooling System Kapolsek Legok, Polres Tangerang Selatan Shalat Jum’at Berjamaah Di Masjid Jami’ Al Ijma
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *